Review & Harga Razer Blade Pro : Laptop Gaming Nvidia 1080 Yang Tipis

Mengudara.com - Baru-baru ini, Razer yang dikenal sebagai produsen perangkat gaming terbaik di Dunia, kembali mengeluarkan produk laptop gaming terbarunya yang luar biasa, yaitu Razer Blade Pro (2016). Laptop gaming tertipis di Dunia yang hanya memiliki tebal kurang dari 1 inci. Selain tipis, Razer Blade Pro juga jauh lebih ringan dari laptop gaming terbaik lainnya, seperti Alienware 17 dan Origin EON17-SLX.

Meski memiliki desain yang sangat tipis, Anda tidak perlu khawatir akan performa laptop gaming yang satu ini. Razer bahkan berjanji bahwa Razer Blade Pro akan memberikan pengalaman desktop yang maksimal dalam sebuah laptop 4K ultraportable. 

Layar Razer Blade Pro



Razer Blade Pro didesain dengan layar touchscreen (mendukung multi-touch) bersolusi 4K (3840 x 2160) dengan teknologi layar panel IGZO (lebih tajam dan memiliki konsumsi daya lebih hemat dari panel layar laptop pada umumnya) dan dukungan Nvidia G-SYNC untuk kelancaran frame rate serta memiliki 100% akurasi warna Adobe RGB. Membuat layarnya terlihat mengesankan, meski dengan finishing glossy terlihat sedikit mengkilap atau silau (jauh lebih memuaskan jika digunakan pada ruangan gelap).

Keyboard Razer Blade Pro



Dianatara keyboardnya, baik atas dan bawah terdapat ruang kosong yang luas, hal ini berfungsi untuk mengakomodasi pasokan pendinginan dan pemanfaatan ruang untuk baterai. Dikarenakan, baterai yang digunakan cukup memakan banyak ruang (sebagai informasi, Razer menggunakan baterai 99 Wh lithium-ion, yaitu kapasitas maksimum yang FAA tetapkan agar dapat dibawa dalam pesawat).

Selain itu, untuk memaksimalkan pengalaman pengguna, Razer Blade Pro telah menggunakan keyboard mekanikal dengan switch ultra-low profile (teknologi yang sama diadopsi oleh iPad Pro). Keyboard pada Razer Blade Pro ini juga diklaim Razer merupakan keyboard mekanikal tertipis yang pernah ada.

Trackpad Razer Blade Pro



Trackpad Razer Blade Pro mendukung Razer Synapse (program yang memungkinkan kita dengan mudah mengkostumisasi sistem pencahayaan pada keyboard sesuai selera). Sementara, penempatan trackpad berada disisi kanan keyborad (berbeda dengan laptop pada umumnya). Hal ini sepertinya dikarenakan ruang bawah laptop yang sudah termakan baterai.

Performa & Spesifikasi Razer Blade Pro (2016)



Spesifikasi Utama :
Layar : 17,3 inci IPS UHD 4K, G-Sync, multitouch | Sistem Operasi : DOS | Prosesor : Intel Core i7-6700HQ up to 3.5GHz | Kartu Grafis : NVIDIA GTX 1080 8GB 256-bit GDDR5X | RAM :  32 GB DDR4 2133MHz | Penyimpanan : 512GB / 1TB / 2TB SSD, PCIe M.2 RAID 0 | I/O : USB 3.1 Type-C with Thunderbolt 3, USB 3.0 Type-A x 3, RJ-45 Gigabit Ethernet Killer E2400, Headset jack, SDXC, HDMI 2.0 | Kamera : 2.0MP Webcam | Dimensi : 424 x 281 x 22.5 mm | Baterai : 99 Wh, 250 W AC Adapter

Performa :
Razer Blade Pro pastinya memiliki performa yang fantastis, bahkan dapat disandingkan dengan komputer desktop premium. Semua berkat penggunaan prosesor yang kuat (Intel Core i7 6700HQ) serta RAM DDR4 berkapasitas hingga 32GB. Selain itu, Razer Blade Pro juga telah mengadopsi kartu grafis terbaik dan terbaru (Nvidia GeForce GTX 1080). Dengan sistem pendingin yang dirancang secara khusus, dimana pendingin dipadukan dengan sebuah heat pipe yang dapat membuang panas berlebih secara maksimal.

Razer Blade Pro merupakan langkah besar dari pembaharuan model sebelumnya (2015). Laptop gaming portabel ini jauh lebih kuat daripada Razer blade 14 inci (dengan Nvidia GeForce GTX 1060) dan Razer blade Stealth 12,5 inci (dengan grafis Intel terintegrasi). 

Kelebihan Razer Blade Pro

Kartu grafis terbaru Nvidia GeForce GTX 1080.
Tipis dan ringan.

Kekurangan Razer Blade Pro

Harga terlampau mahal.

Harga Razer Blade Pro di Indonesia

Razer blade Pro akan mulai dipasarkan di Amerika pada bulan November 2016 dengan harga mulai dari $ 3.699. Namun belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan untuk negara Indonesia, tetapi jika harga dikonversikan kira-kira akan menyentuh sekitar Rp 50.000.000 lebih.